Wednesday, July 28, 2021

6 Tips Sukses Melakukan Percakapan Bisnis

  Poor Man       Wednesday, July 28, 2021

Melakukan Percakapan Bisnis - Salah satu faktor penentu kesuksesan perkembangan bisnis kita adalah keberhasilan pertemuan dengan klien bisnis. Segala hal yang ingin diutarakan dalam pembicaraan bisnis harus disampaikan secara langsung dan jangan sampai berbelit-belit.

6 Tips Sukses Melakukan Percakapan Bisnis


Setiap pebisnis harus menjaga alur percakapan bisnis agar tetap sederhana namun lugas. Pastikan klien bisnis menangkap gambaran besar dari pembicaraan Anda sebelum mengakhiri pertemuan. Simpan hal detail untuk percakapan bisnis di lain kesempatan.

Berikut ini beberapa Tips Sukses Melakukan Percakapan Bisnis yang harus Anda perhatikan ketika melakukan percakapan atau pembicaraan bisnis agar berjalan sukses.


1. Gunakan sapaan formal

Hormati orang atau klien bisnis yang baru pertama kali ditemui. Gunakan sapaan formal seperti Anda, Bapak, Ibu atau Saudara ketika melakukan pembicaraan bisnis dengan mereka. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan perhatian dari klien bisnis.

Tetaplah menyapa dengan sebutan formal tadi sebelum mereka meminta untuk memanggil dengan nama yang lain. Hal ini mungkin membuat suasana menjadi canggung untuk sementara waktu, tapi pasti akan segera mencair. Ketika klien menyebutkan namanya, Anda jangan sampai lupa.


2. Serius tapi santai

Ketika berbicara soal bisnis, maka harus disikapi dengan serius. Dasar dari kerjasama bisnis adalah kepercayaan dan keseriusan dalam berkomitmen.

Bercandaan kecil bisa membuat suasana lebih akrab dan santai, namun jangan berlebihan. Pilih dengan bijak bahan lelucon dan komentar yang disampaikan agar tidak menyinggung klien bisnis.


3. Pilih topik yang aman

Pilih topik yang netral jika kita belum lama dan belum cukup mengenal klien bisnis. Terus cari topik pembicaraan yang disenangi lawan bicara atau sama-sama disenangi dan dikuasai. Jangan sampai terjadi perdebatan yang bisa memicu hubungan menjadi renggang.

Usahakan hindari isu sensitif seperti topik mengenai agama atau politik, kecuali jika lawan bicara yang memulai atau bertanya terlebih dulu secara spesifik. Pastikan pembicaraan bisnis tetap berada di jalur yang aman dan emosi tidak terpancing bila terpaksa membahas dua topik sensitif tadi.


4. Jadilah pendengar yang baik

Menjadi pendengar yang baik menunjukkan bahwa kita memiliki ketertarikan yang tulus pada hal-hal yang disampaikan oleh klien bisnis sebagai lawan bicara. Berani untuk lebih lama menatap matanya dan memberi pendapat di momen yang tepat.

Berikan kesempatan kepada lawan bicara untuk menyampaikan hal-hal yang ingin dibicarakan olehnya. Anda jangan terlalu panjang lebar saat menyampaikan gagasan kepada klien bisnis. Jangan terlalu mendominasi, bergantianlah dalam menyampaikan hal-hal yang ingin dibicarakan tadi.


5. Kendalikan kebiasaan buruk

Hindari kebiasaan buruk yang bisa mengganggu pemandangan dan menimbulkan kesan negatif, seperti menggaruk hidung dan membuang muka saat percakapan tengah berlangsung. Kesepakatan bisnis bisa batal hanya karena klien bisnis tidak sreg dengan sikap kita.


6. Akhiri percakapan dengan ramah

Akhiri percakapan dengan melontarkan senyum, sebut nama klien bisnis dengan sapaan yang sopan, bertukar kartu nama dan jabat tangan dengan tegas-mantap. Jangan sampai pertemuan berakhir tanpa kesempatan untuk menjalin komunikasi kembali.

Semoga enam Tips Sukses Melakukan Percakapan Bisnis ini bisa bermanfaat bagi Anda. Salam sukses selalu!!


Baca juga:  Cara Memberikan Pelayanan Dalam Menangani Komplain Pelanggan

logoblog

Thanks for reading 6 Tips Sukses Melakukan Percakapan Bisnis

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.