Saturday, July 10, 2021

Membuka Jalur Ekspor Untuk Bisnis Anda

  Poor Man       Saturday, July 10, 2021

Membuka Jalur Ekspor Untuk Bisnis Anda - Apakah anda mempunyai produk untuk dipasarkan? Apakah anda memiliki keinginan untuk ekspor produk anda sekarang ke luar negeri? Baca terus artikel ini karena anda akan mendapatkan langkah – langkah awal yang bermanfaat untuk anda memulai ekspor produk anda.

Membuka Jalur Ekspor Untuk Bisnis Anda


Beberapa point yang perlu anda tanyakan kepada diri anda sebelum anda memulai Ekspor produk anda adalah :

  • Apakah produk anda memiliki Unique Selling Point atau produk unik untuk pangsa pasar luar negeri?
  • Apakah produk anda mempunyai kualitas tinggi untuk di pangsa pasar luar negeri?
  • Apakah anda mempunyai modal atau cash-flow cukup apabila menerima order besar?
  • Apakah anda merasakan kompetisi lokal mulai ketat?

Apabila anda menjawab IYA dari beberapa pertanyaan di atas maka anda dapat mulai mempertimbangkan untuk membuka peluang ekspor untuk produk anda. Berikut ini adalah langkah – langkah awal yang bisa anda terapkan untuk Membuka Jalur Ekspor Untuk Bisnis Anda :

Website

Ini merupakan suatu investasi awal yang wajib anda lakukan untuk membuka jalur ekspor untuk produk anda. Mempunyai website di era digital sekarang ini bagaikan mempunyai ‘papan nama’ untuk bisnis anda. Website anda akan menjadi ajang komunikasi, marketing dan ajang pameran untuk produk anda di tahap – tahap awal ini. Jika anda mempunyai ide untuk menembus pasar Amerika atau Australia (misalnya), anda akan memerlukan website dalam bahasa inggris. Jangan berpikir bahwa website merupakan suatu investasi besar karena sekarang website dapat dimiliki secara gratis apabila anda mempunyai sedikit pengetahuan dalam website programming atau anda juga bisa menggunakan jasa freelance web developer yang secara general harganya masih cukup terjangkau. Mulailah dengan website yang simpel tetapi bisa memenuhi kebutuhan bisnis anda dan tidak menghabiskan banyak investasi anda.

Produk Katalog

Apakah anda pernah menemukan suatu website yang isinya hanya tulisan saja? Tanpa foto maupun tanpa katalog akan produk yang ditawarkan? Rasanya seperti masuk ke shopping mall yang masih belum rampung, tidak ada isinya..kosong! Memiliki produk katalog sangatlah penting, bahkan jka hanya dalam bentuk foto per produk pun sudah cukup memadai. Dengan adanya foto, anda dapat mengirimkan foto – foto dari produk anda via email kepada calon pembeli atau memasang foto tersebut di website anda. Produk yang memiliki foto lebih mudah terjual daripada produk yang tidak memiliki foto.

Research

Lakukan research mengenai situasi dan kondisi pasar untuk produk anda di negara tersebut, termasuk SWOT analysis (Strengths, Weaknesses, Opportunities anda Threats). Salah satu teknik Research yang paling efisien adalah dengan menggunakan internet dan tentunya melalui Google. Tentunya bukan hanya via Google saja karena ada beberapa search engine lain yang anda juga bisa gunakan seperti Bing dan Yahoo. Salah satu teknik research lain yang sering kali diabaikan adalah research melalui forum atau komunitas yang berkaitan atau yang membahas tentang produk dan pasar anda. Setelah anda menemukan forum atau komunitas tersebut, saya sarankan anda untuk turut serta berpartisipasi dalam pembahasan topik – topik yang berhubungan dengan bisnis anda. Tujuan nya adalah untuk membangun network untuk bisnis anda dan memperkenalkan diri dan bisnis anda di komunitas – komunitas tersebut.

Harga

Jangan berpikir dengan harga murah bisnis anda akan menarik pembeli yang lebih banyak. Perhatikan implikasi dari pricing strategy anda terhadap brand image dan brand position produk anda di market negara tersebut. Lakukan research tentang kompetitor anda. Dengan demikian anda dapat membuat suatu pricing strategy yang tepat untuk produk anda di market negara tersebut. Suatu tips yang mungkin berguna untuk anda adalah tentang persepsi dari mayoritas masyarakat dari negara berkembang yang berpikiran bahwa harga itu penting tetapi kualitas dan servis jauh lebih penting lagi. Apabila anda bisa menyediakan customer servis dan kualitas produk yang tinggi, maka anda bisa menawarkan harga yang lebih tinggi.

Pembayaran

Gunakan selalu sistem pembayaran yang terpercaya dan diterima secara worldwide, misalnya Paypal dan Western Union untuk memudahkan permbayaran. Cara pembayaran yang bertele – tele dapat menyebabkan anda kehilangan customer. Untuk order skala besar, anda dapat menggunakan fasilitas Letter of Credit dari bank kepercayaan anda.
Ekspedisi. Tentunya anda juga harus menyiapkan ekspedisi untuk pengiriman barang anda. Selalu gunakan perusahaan expedisi yang sudah terjamin kualitas nya. Selain dapat menjamin kelancaran dari usaha anda, hal ini juga dapat memberi nilai tambah khususnya pada faktor trust dari calon customer anda.

Networking

Mulailah dengan membangun hubungan dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan produk dan target pasar anda baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Turut serta dan kunjungilah pameran – pameran yang berhubungan dengan produk anda baik di dalam dan di luar negeri karena ini merupakan sarana yang sangat bagus untuk membangun network anda. Sekarang dengan perkembangan di dunia internet, anda bisa melakukan networking melalui Facebook, Twitter, LinkedIn dan social platform lainmya. Jangan lupa untuk turut serta dalam forum atau komunitas di dunia maya yang berhubungan dengan bisnis anda. Networking adalah kunci ampuh untuk membuka jalur bisnis anda ke negara luar.

Kredibilitas

Apakah anda mempunyai teman atau relasi di negara luar? Apabila tidak, dengan melakukan networking anda akan dapat menemukan pihak – pihak yang bukan hanya tertarik dengan produk anda saja tetapi juga tetarik untuk menjual kembali atau resell produk anda. Dengan adanya pihak – pihak yang bisa menjadi perwakilan anda dan melakukan distribusi produk anda di negara tersebut, anda akan menciptakan suatu kredibilitas untuk para calon pembeli produk anda. Alternatif lain untuk membuka jalan Ekspor bagi bisnis anda adalah distribusi melalui middle man, buyer atau broker di Indonesia. Ada berbagai macam tipe distributor di dalam maupun di luar negeri, dari yang memberikan anda control akan produk anda secara exclusive sampai yang anda tidak mempunyai control apapun akan produk anda di negara Ekspor. Masing – masing mempunyai kelebihan dan kekurangan yang bisa anda sesuaikan dengan bisnis anda.

Membuka Jalur Ekspor Untuk Bisnis Anda bukanlah sesuatu yang mudah, dan tidak akan terjadi dalam waktu semalam. Jangan berkecil hati, karena ‘anything is possible!’ Mulailah dengan langkah – langkah awal ini dan anda akan melihat bahwa pintu ke luar negeri sejauh yang anda bayangkan

logoblog

Thanks for reading Membuka Jalur Ekspor Untuk Bisnis Anda

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.