Thursday, December 27, 2018

4 Ide Startup Hebat di Indonesia yang Belum Jarang Terjamah

  Deka pradifta       Thursday, December 27, 2018
Ide startup yang belum terjamah - membangun perusahaan dari nol memang tidak mudah yang kita bayangkan, sebab perlu adanya perjuangan ekstra agar bisnis yang dijalankan tersebut bisa sukses, besar, dan bermanfaat bagi kalangan masyarakat luas. Namun tahukah anda bahwa mendirikan ide startup yang masih belum terjamah di indonesia adalah solusi paling kreatif dan terbilang efektif sekali, hal ini dikarenakan perusahaan lebih cepat berpotensi berkembang pesat dan lebih sukses. Untuk arti kata "terjamah" disini ialah belum dilakoni banyak orang, jadi kompetitor bisnis yang anda hadapi tidaklah banyak.
4 Ide Startup Hebat di Indonesia yang Belum Jarang Terjamah

Persaingan bisnis bisa dibilang sangat kejam sekali, tidak ada kata ampun untuk memberi ruang kepada kompetitor jika ingin mencapai target penjualan yang besar. Nah bagi anda yang ingin memulai mencari ide startup dengan sedikit persaingan dan masih belum terjamah banyak orang, pastinya ini adalah pemikiran yang hebat sekali, sebab sudah kita ketahui sebelumnya bahwa semakin unik konsep bisnis yang dilakoni pastinya semakin kecil pula persaingan anda, jadi hal ini bisa berpotensi cepat berkembang pesat pada perusahaan tersebut.

Perlu diketahui meskipun untuk saat ini banyak sekai perusahaan startup yang bermunculan di Indonesia, maka dari itu alangkah lebih baiknya pilih saja ranah bidang yang masih jarang terjamah, karena anda tidak terlalu sulit untuk menghadapai tingkat persaingan bisnis tersebut.

Yang menjadi pertanyaan ialah, apa saja perusahaan ide startup yang belum terjamah ? Semua jawaban tersebut akan kita ulas secara lengkap pada penjelasan artikel dibawah ini, silakan anda simak baik-baik.

1. Bidang Energi


Nah untuk ide startup yang sepi persaingan kali ini ialah pada bidang energi, tahukah anda bahwa kebutuhan energi terbarukan saat ini memang sangat dibutuhkan sekali oleh kalangan masyarakat luas, bahkan tidak hanya negara Indonesia saja yang membutukan sumber daya energi terbaruka, akan tetapi masih ada banyak lagi negara lainnya yang lebih besar sebagai pemasok kebutuhan bidang energi seperti ini.

Baca juga Ternyata Alasan Ini Mengapa Mahasiswa Harus Magang di Sebuah Perusahaan Startup

Jadi, bagi anda yang mempunyai ide kreatif startup tentunya dapat memilih sebagai peluang usaha yang cocok untuk dilakoni mulai dari sekarang.

Nah apabila anda memiliki background keahlian ataupun punya minat dalam bidang tersebut, tentu tidak ada salahnya untuk memulai menjalankan bisnis mulai dari sekarang bersama tim lainnya. Alangkah lebih baiknya ciptakan energi alternatif yang bisa ramah lingkungan serta tidak membahayakan bahan kimiawi yang ada disekitarnya, tekunilah usaha startup anda tersebut, maka dapat dijamin kesuksesan akan datang dengan sendirinya.

Untuk sebagai contoh perusahaan startup dalam bidang energi kali ini yaitu bernama Edisun, perusahaan ini terletak di luar negeri yang berfokus pada suplai tenaga panel surya murah ke seluruh masyarakat hingga ke luar negeri, sampai sekarang Edisun berhasil menghasilakan sumber energi listrik yang murah sekali.

2. Artificial Intelligence


Perkembangan teknologi saat ini bisa dibilang lumayan pesat sekali, sudah tidak dapat dipungkiri lagi sebab teknologi adalah kemajuan cukup canggih yang bisa membantu banyak orang. Nah salah satu ide startup yang sedikit persaingan kali ini merupakan dibidang kecerdasan buatan atau bisa dibilang articial intelligence, bidang seperti ini sebenarnya sudah mulai merambah pada industri dunia game.

Akan tetapi perlu anda ketahui bahwa kecerdasan buatan atau sering disebut artificial intelligence sebenarnya jarang sekali atau belum sama sekali di terapkan pada perusahaan startup indonesia. Jadi, ini adalah kesempatan paling efektif untuk membangun bisnis anda agar bisa berkembang pesat dengan cepat.

Bila anda kurang familiar dengan istilah seperti ini, maka kami akan memberikan contoh perusahaan startup yang pernah menjalankan bisnis di bidang kecerdasan buatan yakni bernama Enlitic, sebenarnya enlitic inj bergerak pada tema kesehatan, dimana teknologi tersebut digunakan untuk mendiagnosis berbagai macam penyakit, gejala penyakit yang dialami pasien, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, ternyata masih ada startup lainnya yang menerapkan kecerdasan buatan di bidang teknologi, contohnya bernama perusahaan Metamind, teknologi yang mereka gunakan adalah sistem kecerdasan buatan yang digunkan untuk menyortir berbagai macam database data dalam menyelesaikan berbagai macam tugas.

3. Robot


Apakah anda mengenal dengan robot ? Ya, semua orang pasti tahu dengan robot, teknologi yang dibuat manusia ini ternyata bisa memudahkan aktivitas kita sehari-hari, namun tidak ada banyak startup yang menerapkan bisnis mereka dalam bidang pembuatan robot, jika anda lirik dan mulai menjalankannya perlahan, tentu bisa membuat perusahaan tersebut cepat berkembang dan lebih cepat sukses, karena pesaingnya tidak terlalu banyak.

Untuk salah satu perusahaan startul yang sudah sukses dan mulai familiar dibanyak orang saat ini ialah Garuda Robotics, perusahaan ini lebih banyak dan fokus memproduksi pembuatan robot, pada saat terkenalnya ialah semenjak sebuah robot membuat dan mengantarkan kepada juri menggunakan sistem drone. Teknologi seperti ini bisa dikatakan lumayan canggih sekali.

4. Teknologi Biologi


Pada poin terakhir kali ini yaitu teknologi biologi, sebenarnya persaingan bisnis sungguh ketat sekali jika anda tidak pandai melakukan analisis SWOT, begitu juga sebaliknya apabila tepat dalam memilih niche usaha yang dijalankan pada perusahaan tersebut pasti akan berbuah hasil dan target cepat tercapai, untuk poin terakhir ini adalah biologi, dimana teknologi ( Biotech ) seperti ini bisa berguna sebagai pengembangan hal-hal biologis dan dapat minimalisir berbagai ancaman senjata biologis.

Baca juga 5 Cara Efektif Membuat Struktur Tim Ideal Untuk Menguatkan Startup Bisnis

Untuk salah satu perusahaan startup kesehatan yang sudah sukses menjalankan bisnisnya tersebut ialah bernama Cambrian Genomics, perusahaan ini ternyata mampu mengubah DNA yang ada pada sebuah organisme, sehingga ujungnya bisa menghasilkan organisme yang sangat baik.

Penutup


Demikianlah artikel yang sudah kami bagikan ini mengenai ide startup di indonesia yang belum jarang terjamah, semoga dengan publikasinya konten seperti ini bisa memberikan manfaat kepada pembaca dan menambah wawasan lebih luas lagi mengenai perkembangan dunia startup bisnis.
logoblog

Thanks for reading 4 Ide Startup Hebat di Indonesia yang Belum Jarang Terjamah

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.