Ikuti Info Bisnis Online Terbaru

Sunday, June 28, 2020

50+ Peluang Usaha Kuliner Makanan dan Minuman

  Gus Javar       Sunday, June 28, 2020

50 Peluang Usaha Makanan dan Minuman

  1. Aneka sosis bakar

Mendengar namanya saja sudah menggugah selera, bukan? Makan ringan sosis bakar saat ini tengah menduduki tingkat popularitas yang cukup tinggi. Bersaing ketat dengan makanan kekinian lainnya sebagai buronan pecinta kuliner. Maka dari itu, Anda bisa menjadikan menu makanan satu ini sebagai peluang usaha yang cukup menguntungkan.
Untuk memulai usaha makanan ringan ini, Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Dengan modal awal kurang dari 5 juta rupiah yakni guna membeli gerobak, peralatan memasak serta bahan dan bumbu untuk memasak maka Anda sudah bisa memperoleh keuntungan hingga 6,6 juta per bulan.
  1. Bakpau

Siapa tidak kenal makanan dengan khas China satu ini? Peluang usaha bakpau masih terbuka lebar hingga saat ini. Anda bisa memulai usaha kulier datu ini dengan modal hanya 1 juta rupiah saja. Dalam berbisnis kuliner seperti bakpau ini, Anda mesti memiliki daya tarik tersendiri agar dapat mendatangkan banyak pembeli.
Anda bisa mengkreasikan bakpau buatan Anda dengan berbagai macam pilihan isian seperti cokelat, kacang hijau, strawberry, blueberry hingg daging. Terutama di musim penghujan seperti sekarang ini. Bakpau akan menjadi salah satu camilan yang sangat enak.
  1. Aneka kripik

Kripik adalah jenis camilan yang paling asyik dinikmati dalam setiap kesempatan. Oleh sebab itu, Anda bisa memulai usaha pembuatan aneka kripik untuk mendatangkan keuntungan yang banyak. Tidak melulu harus kripik singkong. Jika Anda tinggal di tempat yang banyak menjumpai pisang, jagung, rebung dan bayam maka bahan-bahan tersebut bisa Anda kreasikan sebagai kripik yang enak.
Aneka kripik sangat digemari oleh orang Indonesia. Tidak hanya bagi anak-anak saja, akan tetapi kripik juga begitu dicintai oleh orang dewasa. Saat menonton tv, bersantai bersama keluarga hingga mengerjakan tugas tertentu, kripik dapat menjadi teman yang tepat.
  1. Aneka kue

Terdapat dua jenis kue yang bisa dijadikan sebagai lahan usaha yaitu kue basah dan kue kering. Kue kering mempunyai ketahanan yang relatif lama. Maka dari itu, Anda bisa menjualnya dalam bentuk kemasan yang bisa dititipkan di toko-toko tertentu. Berbeda dengan kue kering, kue basah memiliki daya tahan yang singkat. Untuk itu, Anda bisa menjualnya di toko kue maupun kantin sekolah.
Selain memalui cara tersebut, Anda juga bisa mempromosikan kue buatan Anda dengan memanfaatkan media online. Terutama kue kering, Anda bisa memasarkannya melalui lapak e-commerce yang sedang trending saat ini.
  1. Roti bakar

Roti bakar adalah salah satu jenis makanan yang banyak digemari banyak orang. Anda bisa membuka usaha roti bakar mulai dari depan rumah dengan menggunakan gerobak. Untuk bersaing dengan penjual roti bakar lainnya, maka Anda perlu membuat menu yang unik dan berkarakter. Misalnya, dengan menambahkan lapisan sayur, daging, sosis maupun cokelat dan strawberry.
Buatlah variasi yang banyak untuk menarik minat pembeli. Bila perlu, Anda bisa membuat bahan roti tersebut sendiri.
  1. Nasi goreng

Nasi goreng adalah salah satu menu makanan yang paling banyak dicari, terutama pada malam hari. Nasi goreng dapat menjadi peluang usaha makanan dan minuman (kuliner) bagi Anda. Jika Anda mahir membuat nasi goreng, maka sebaiknya untuk membuka usaha tersebut di rumah Anda. Jangan lupa untuk menyajikan menu nasi goreng tersebut dengan beraneka macam pilihan bumbu dan campuran bahan.
Agar dapat menarik banyak minat pembeli, maka Anda bisa mengkreasikan warung nasi goreng tersebut.  Misalnya, dengan menyediakan wifi, mendesain warung makan yang instagenic hingga menyajikan berbagai macam menu minuman yang lezat.
  1. Bakso

Bakso merupakan salah satu jenis kulineran Indonesia yang digemari oleh masyarakat luas. Mulai anak-anak hingga masyarakat dewasa semua menggemari bakso. Hal ini tentu dikarenakan cita rasa yang khas, gurih dan kenyal. Bahkan membayangkannya saja sudah cukup untuk membuat lidah berkucur. Tingginya peminat bakso tentu bisa menciptakan ide usaha kuliner bagi Anda.
Untuk membuat bakso yang dapat mendatangkan banyak peminat, maka Anda perlu menonjolkan sisi cita rasa yang khas dengan harga terjangkau. Terlebih lagi saat ini sedang trend bakso kekinian dengan sajian variasi menu bakso lain daripada yang lain. Anda jangan mau kalah, ya!
  1. Soto

Tidak sedikit orang yang menggemari makanan berkuah satu ini. Terutama bagi mereka yang bosan dengan bakso atau sup, maka soto adalah pilihan kuliner yang tepat. Agar usaha soto Anda dapat berjalan dengan baik dan disukai banyak orang maka Anda harus mengutamakan cita rasa yang enak. Di samping urusan cita rasa, Anda juga perlu mengutamakan pelayanan yang diberikan.
Karena cakupan menu soto sangat global, maka Anda perlu menemukan satu fokus menu soto. Misalnya, soto Lamongan, soto Semarang, soto Betawi dan sebagainya.
  1. Frozen food

Pernahkah Anda mendengar kisah sukses penjual forzen food yang bisa meraup omzet hingga 60 juta rupiah per bulannya? Jangan hanya mendengar. Anda pun bisa mengikuti jejak penjual frozen food Antersebut dikarenakan bahwa frozen food praktis dimasak.
Untuk membuat usaha frozen food Anda semakin laris, maka Anda perlu mengutamakan kualitas makanan beku tersebut. Jangan lupa untuk menjual makanan beku yang banyak diminati. Kemudian, dari segi pemasaran Anda dapat bekerja sama dengan ojek online maupun warung-warung lainnya.
  1. Sate taichan

Ini adalah salah satu menu sate yang cukup berbeda dibanding menu sate lainnya. Karena rasanya yang unik yakni pedas dan asam, maka tidak heran jika sate ini sangat banyak dicari oleh orang-orang. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mulai mempertimbangkan sate taichan sebagai pilihan usaha Anda.
Anda bisa memulai usaha ini dengan membuka warung sate di depan rumah. Terutama jika Anda tinggal di pinggir jalan atau lingkungan kampus. Tentu Anda sudah bisa membayangkan betapa menguntungkannya berbinsis kulier sate ini.
  1. Ayam geprek

Ayam geprek merupakan salah satu menu kuliner yang banyak digemari oleh masyarakat luas, terutama bagi pecinta pedas. Dengan cita rasa tersebut, menjadikan ayam geprek sebagai menu makanan favorit khususnya bagi masyarakat kekinian.
Menu makanan yang disajikan dengan cara membubuhi ayam dengan sambal matang dan bawang mentah tersebut juga dapat Anda variasikan sedemikian rupa. Hal ini demi menarik banyak minat pembeli. Selain menjual ayam geprek, Anda juga bisa melengkapi menu tersebut dengan berbagau menu serupa seperti lele, telur, tahu dan tempe.
  1. Kerupuk jengkol

Kerupuk jengkol sangat cocok dijadikan sebagai camilan dalam kondisi apapun layaknya keripik. Terutama jika Anda tinggal di lingkungan yang banyak dijumpai pohon jengkol, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk membuat usaha kerupuk jengkol. Terlebih lagi dalam membuat kerupuk jengkol bukan merupakan hal yang sulit.
Unruk membuat usaha kerupuk jengkol tersebut ramai pembeli, maka Anda bisa mempromosikannya melalui laman internet atau dengan menyuplai warung-warung di lingkungan rumah Anda. Jangan lupa untuk menjaga kualitas produk Anda agar pembeli tetap menggemari kerupuk jengkol Anda.
  1. Kue cubit

Meski dikatakan sebagai jajanan 90an, akan tetapi jajanan satu ini masih tetap eksis hingga saat ini. Kue yang memiliki cita rasa manis dan bertekstur empuk ini dapat Anda jadikan sebagai peluang usaha makanan dan minuman (kuliner) yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi jika Anda tinggal di lingkungan pendidikan maupun tepi jalan.
Kunci sukses dalam membuka usaha kue cubit ini terletak pada cita rasa kue cubit tersebut. Selain itu, Anda harus bisa membuat menu kue cubit yang berkarakter dan cenderung berbeda dari kue cubit lainnya.
  1. Emping

Apabila di tempat Anda tinggal terdapat begitu banyak pohon melinjo, maka Anda bisa memanfaatkannya sebagai usaha produksi emping. Usaha ini cukup menguntungkan karena harga emping mentah terbilang sangat mahal. Alasannya tidak lain karena masih jarang sekali produsen emping.
Makanan ringan dengan citarasa gurih dan renyah ini bisa Anda variasikan dengan berbagai macam bumbu untuk menarik minat pembeli. Agar pembeli senantiasa berdatangan untuk membeli emping tersebut, maka ada baiknya bagi Anda untuk memasarkan produk emping tersebut ke berbagai media sosial.
  1. Pempek

Siapa tidak mengenal makanan khas asli Palembang satu ini? Pempek adalah salah satu kuliner khas daerah yang banyak digemari bukan hanya oleh warga lokal saja. Pempek banyak diburu karena mempunyai rasa yang unik, gurih sekaligus pedas. Saking banyaknya peminat, tidak ada salahnya jika Anda mulai membuka usaha pempek.
Dengan demikian, orang-orang tidak perlu jauh-jauh pergi ke Palembang untuk mencicipi camilan tersebut. Adapun kunci utama untuk menciptakan pempek yang enak ada pada cuka. Pastikan Anda mahir membuat cuka agar menarik banyak minat pembeli.
  1. Kue tar ulang tahun

Bagi Anda yang gemar membuat kue, maka salah satu ide usaha yang pas bagi Anda ialah usaha kue tar khusus ulang tahun. Anda bisa memulai usaha kuliner ini di rumah dengan mengandalkan strategi promosi dari mulut ke mulut bahkan secara online.
Anda bisa membuat kue tar ulang tahun dengan desain yang unik. Pastikan Anda bisa menerima pesanan kue tar dengan berbagai permintaan. Untuk melengkapi kue tar tersebut, Anda juga bisa menjual pernak-pernik perayaan ulang tahun. Jika usaha Anda sudah terkenal, maka bersiap-siaplah untuk kebanjiran order, ya!
  1. Susu kedelai

Usaha produksi susu kedelai dapat menjadi rekomendasi yang tepat bagu Anda. Biasanya target konsumen dari susu kedelai adalah mereka yang tidak menyukai susu sapi atau yang alergi terhadapnya. Membuat susu kedelai juga tidak sulit. Modal yang perlu Anda keluarkan pun tidak banyak.
Biasanya orang-orang akan cenderung tertarik dengan susu kedelai yang memiliki varian rasa berbeda daripada yang lain. Misalnya, varian strawberry, cokelat, melon, karamel dan sebagainya.
  1. Tahu bulat

Tahu bulat masih menjadi peluang usaha makanan dan minuman (kuliner) yang cukup menguntungkan. Tentu Anda masih kerap mendengar promosi tahu bulat secara berkeliling menggunakan mobil, bukan? Daripada capek mengejar mobil untuk membeli tahu bulat, tidak ada salahnya jika hal tersebut menjadi ide usaha Anda.
Modal yang diperlukan untuk membuat usaha kuliner tahu bulat juga tidak banyak. Bahkan Anda hanya memerlukan peralatan yang sederhana saja untuk membuat jajanan ringan tersebut. Dengan membuat usaha tahu bulat, Anda bisa meraup omzet hingga 4 juta per bulan.
  1. Lotek

Tahukah Anda bahwa lotek adalah salah satu makanan tradisional yang masih banyak digemari hingga saat ini. Bahkan warga asing pun juga menggemari makanan bersaus kacang ini dan menyebutnya sebagai salat Indonesia. Maka dari itu, lotek bisa menjadi peluang usaha kuliner yang menguntungkan.
Nyaris serupa dengan pecel, hanya saja lotek memerlukan irisan bakwan atau tahu goreng. Selebihnya, bahan baku pembuatan makanan asli Salatiga ini sama seperti pecel. Untuk itu, Anda perlu fokus pada saus kacang dari lotek untuk menarik perhatian banyak pembeli.
  1. Jajanan pasar

Jajanan pasar atau yang juga sering disebut sebagai jajanan tradisional merupakan salah satu potensi bisnis yang cukup menguntungkan. Khususnya jika Anda sangat mahir dalam hal memasak kue. Anda bisa menjual berbagai jajanan pasar seperti klepon, dadar gulung, lemper, naga sari, pukis dan sebagainya.
Cara memasarkannya, Anda bisa menitipkan jajanan tersebut kepada penjual di pasar, tukang sayur maupun kantin sekolah. Jangan lupa sebelum memutuskan untuk merealisasikan ide usaha jajanan pasar, maka Anda harus mencermati lingkungan terlebih dahulu. Kira-kira jenis makanan seperti apa yang cocok di daerah tersebut.
  1. Asinan

Asinan adalah salah satu menu makanan yang masih tetap eksis hingga saar ini. Peluang usaha ini terbilang amat menjanjikan karena menu makanan ini masih banyak diminati oleh masyarakat luas. Seperti halnya asinan Bogor. Menu makanan ini tidak hanya diminati oleh warga Bogor saja. Jika Anda mahir membuat asinan, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan ilmu memasak Anda untuk menghasilkan keuntungan.
Bahan-bahan pembuat asinan juga amat mudah Anda jumpai di pasaran. Bahkan di pasar modern sekalipun Anda bisa menemukan bahan tersebut. Untuk mengawali usaha kuliner satu ini, Anda bisa memulainya di depan rumah atau di pinggir jalan yang ramai.
  1. Produksi mi mentah

Tidak melulu mi masak seperti bakmi godog dan mi ayam, Anda juga bisa memproduksi mi mentah sebagai ide bisnis tahun 2020. Mi adalah makanan favorit bagi banyak kalangan. Selain murah meriah, mi juga memiliki cita rasa tersendiri bagi penikmatnya.
Berjualan mi mentah juga sangat simple. Dengan menjual mi mentah, maka Anda tidak perlu repot lagi dalam mengolahnya. Terserah pembeli ingin mengkreasikan mi mereka seperti apa. Anda bisa mulai menjual mi mentah di rumah Anda.
  1. Cireng

Aci digoreng atau cireng adalah salah satu makanan ringan yang sangat digemari oleh masyarakat luas. Selain itu, baik bahan maupun proses pembuatan cireng juga sangat mudah. Dengan beberapa alasan tersebut, seharusnya Anda bisa melihat peluang usaha yang menjanjikan.
Dalam berjualan cireng, Anda juga perlu memvariasikannya dengan berbagai macam rasa. Misalnya, dengan kombinasi abon sapi, daging, tuna, bahkan sayuran. Buatlah ciri khas tersendiri dari cireng Anda. Dengan demikian, Anda akan banyak menarik minat pembeli.
  1. Pecel

Siapa yang bisa menolak kelezatan sayuran rebus dengan kombinasi saus kacang yang pekat? Belum lagi dengan tambahan kerenyahan rempeyek dan kerupuk sebagai topping penyempurna menu masakan Jawa ini. Menu makanan sejuta umat ini tentu bisa menjadi peluang usaha makanan dan minuman (kuliner) yang menguntungkan. Terutama jika tinggal di perkampungan, lingkungan pendidikan hingga perkantoran.
Di samping pecel, Anda juga bisa menjual menu minuman lain seperti es dawet atau cendol sebagai pelengkap menu makanan tersebut. Jangan lupa agar senantiasa konsisten dalam menciptakan saus kacang. Karena kunci utama dari kelezatan pecel ada pada saus kacang tersebut.
  1. Makanan diet

Jika Anda ingin mencoba usaha kuliner yang anti mainstream, maka makanan diet nampaknya perlu Anda coba. Usaha ini menargetkan bagi orang-orang yang ingin senantiasa menjaga penampilan mereka, khususnya perempuan.
Anda bisa menciptakan menu khusus diet berkolaborasi dengan ahli gizi. Misalnya, patty dan burger dari gandum. Setelah berhasil menciptakan menu diet, selanjutnya Anda perlu mempromosikannya ke media sosial. Salah satu yang paling ampuh adalah melalui instagram.
  1. Olahan durian

Hampir semua orang menyukai segala macam olahan durian. Hal ini tidak lain karena buah musiman tersebut memiliki cita rasa enak dan begitu kuat. Dengan melihat banyaknya peminat durian, maka Anda bisa menajdikannya sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Terlebih lagi jika Anda mahir mengolah durian menjadi berbagai macam menu makanan yang mengguggah selera.
Anda bisa menciptakan beraneka macam olahan durian seperti es krim durian, kolak pisang durian hingga puding durian. Anda juga bisa menciptakan menu kekinian dari bahan dasar durian menjadi pancake yang begitu menggiurkan.
  1. Seblak

Tidak dapat dipungkiri bahwa seblak dapat menjadi peluang usaha makanan kekinian yang laris manis. Makanan khas Bandung yang sedang naik daun ini dimasak dengan bahan dasar kerupuk mentah dengan campuran bumbu hingga bertekstur menyerupai kwetiau.
Apabila Anda berminat untuk membuat usaha kuliner seblak, maka sebaiknya untuk memvariasikan menu seblak tersebut. Contohnya, seblak ceker, seblak tulang, seblak seafood, seblak makaroni dan sebagainya. Jangan lupa untuk menyediakan level pedas agar pembeli bisa menentukan sendiri berapa tingkat kepedasan seblak yang diinginkan.
  1. Piscok

Ide bisnis kuliner memang tidak akan pernah ada habisnya. Salah satunya adalah piscok. Sesuai dengan namanya, piscok merupakan inovasi pengolahan makanan dengan bahan dasar pisang. Cocok sekali jika Anda tinggal di daerah yang banyak dijumpai pisang. Makanan ringan bercita rasa manis ini begitu banyak diminati dari berbagai kalangan.
Dengan demikian, Anda tidak perlu mengkhawatirkan prospek dari usaha camilan satu ini. Untuk memulai usaha kuliner ini, Anda bisa segera membuka gerobak piscok di lokasi-lokasi yang strategis seperti sekolah, mall, depan swalayan dan sebagainya.
  1. Crispy jamur

Crispy jamur adalah salah satu olahan jamur yang memiliki rasa gurih dan unik. Tidak heran jika menu kuliner ini menjadi primadona oleh banyak kalangan. Tidak hanya cocok sebagai camilan saja, akan tetapi crispy jamur juga sangat cocok untuk lauk makan.
Anda bisa menyajikan crispy jamur dengan tambahan saus atau bubuk pedas dengan level tertentu. Kemudian, Anda bisa membungkusnya dengan kertas mika dan memasarkannya melalui kantin sekolah, warung makan, pasar dan sebagainya.
  1. Cilok

Cilok dapat menjadi peluang usaha makanan ringan yang menguntungkan bagi Anda. Makanan khas sunda dengan bahan baku sagu ini begitu populer hingga sekarang. Rasa gurih, kenyal dan unik dari cilok dapat memberikan sensasi tersendiri saat dikunyah.
Pembuatan cilok juga terbilang mudah dan murah. Tidak perlu modal banyak untuk membuat makanan ringan ini. Anda bisa mulai berjualan cilok dengan menggunakan gerobak atau stand yang didirkan di depan sekolah, mall dan pasar.
  1. Masakan Padang

Jika Anda mahir memasak masakan Minang, tidak ada salahnya untuk coba membuka warung makan Padang. Apalagi jika Anda tinggal di lokasi yang strategis seperti tepi jalan. Masakan Padang adalah salah satu varian masakan daerah yang tidak pernah surut peminat. Tidak hanya warga Padang saja, akan tetapi masakan ini juga difavoritkan oleh masyarakat luas.
Anda bisa memasakan berbagai menu masakan Padang mulai dari yang dibakar, digoreng, gulai hingga berupa sambal. Peluang usaha masakan Padang ini terbilang berpotensi tinggi sebab disukai oleh berbagai macam kalangan.
  1. Olahan lele

Lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang menjadi favorit bagi banyak kalangan. Apapun menu masakan berbahan dasar lele, tentu akan menciptakan rasa yang gurih dan enak. Tidak heran jika lele dapat menjadi lahan bisnis yang ideal bagi Anda, terutama bagi Anda yang mahir memasak.
Anda bisa mengkreasikan lele ke dalam berbagai macam menu olahan yang enak. Seperti halnya pecel lele, mangut lele, abon lele dan sebagainya.
  1. Aneka sup

Pernahkah Anda mendengar tempat makan bernama Sup Ayam Pak Min Klaten? Anda bisa mengikuti jejak usaha kuliner tersebut sebagi peluang bisnis yang menguntungkan. Terutama di musim penghujan seperti sekarang ini. Tentu menikmati sup ayam hangat akan menjadi menu favorit di kala hujan datang.
Jika Anda ingin merintis usaha sup seperti sup ayam, maka Anda perlu meramu sup tersebut dengan bumbu khas. Hal ini demi membedakan cita rasa sup Anda dengan sup lainnya. Selain sup ayam, Anda bisa menambahkan variasi sup lain seperti sup ceker, sup kepala ayam, sup kulit ayam dan lainnya.
  1. Rujak

Rujak adalah salah satu jenis makanan ringan yang  digemari oleh banyak kalangan. Rujak mempunyai cita rasa yang khas berupa perpaduan rasa manis, asam dan pedas. Selain itu, sensasi menyegarkan dari buah yang ada dalam rujak juga menjadi favorit bagi pecinta rujak.
Untuk memulai usaha kuliner rujak, Anda tidak memerlukan modal yang banyak. Anda hanya perlu membeli gerobak, cobek dan buah-buahan sebagai bahan baku pembuatan rujak. Anda bisa mulai menjual rujak secara berpindah dengan menggunakan gerobak atau menetap dengan mendirikan stand di tempat ramai.
  1. Aneka gorengan

Siapa tidak pernah makan gorengan? Makanan ini dapat dengan mudah Anda temukan di berbagai sudut kota maupun desa berkembang. Gorengan memang sangat diburu dan dicari oleh sebagian besar masyarakat indonesia, Terutama di musim penghujan seperti sekarang. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda memulai usaha kuliner dengan membuka warung gorengan.
Anda bisa menjual aneka menu gorengan seperti tempe goreng, tahu isi, bakwan, ubi goreng, cireng dan sebagainya. Jangan salah, usaha satu ini ternyata dapat memberikan keuntungan luar biasa bagi Anda. Hanya saja Anda perlu memiliki ciri khas menu gorengan yang membuatnya berbeda dengan gorengan lainnya.
  1. Gudeg

Tidak sembarang orang bisa memasak gudeg dengan enak. Namun, tidak sedikit orang yang menyukai gudeg. Hal ini karena gudeg memiliki cita rasa dan tekstur tersendiri yang membuatnya berbeda dengan menu masakan lainnya. Jika Anda mahir membuat gudeg, maka hal tersebut bisa dijadikan sebagai peluang usaha makanan dan minuman (kuliner) yang menjanjikan bagi Anda.
Untuk mengawali usaha kuliner satu ini, Anda bisa membuka warung makan kecil-kecilan di depan rumah Anda. Jangan lupa untuk melengkapi warung makan spesialis gudeg tersebut dengan aneka makanan lain seperti bacem, gorengan dan sate kere.
  1. Angkringan

Ingin membawa suasana Jogja dan Solo di kota Anda sekaligus mendapatkan uang? Maka angkringan dapat menjadi alternatif usaha yang tepat bagi Anda. Anda bisa mulai membuka angkringan pada sore hari hingg malam hari. Mulai saja usaha tersebut di depan rumah Anda.
Biasanya yang menjadi ciri khas dari angkringan adalah nasi kucing dan teh. Untuk itu, Anda harus menyajikan nasi kucing yang berbeda dan bervariasi daripada lainnya. Misalnya, nasi kucing sambal bandeng, nasi kucing oseng kacang, nasi kucing sambal teri dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan makanan lain seperti gorengan, tahu dan tempe bacem hingga aneka krupuk.
  1. Roti maryam

Selain bakpau, roti maryam adalah salah satu alternatif usaha kulineran berbau roti yang sudah terbukti laris manis. Roti ini digemari oleh berbagai kalangan baik anak-anak hingga orang dewasa. Roti yang berbentuk bundar ini dapat Anda variasikan dengan berbagai macam topping menarik.
Biasanya, orang-orang akan dengan mudah menjumpai roti maryam di berbagai event seperti CFD, pasar pagi, festival kuliner hingga pusat perbelanjaan. Melihat jumlah pesaing usaha yang masih minim, tentu hal ini bisa sangat menguntungkan bagi Anda.
  1. Warteg

Tinggal di daerah perkantoran, sekolah maupun kosan tentu membuat Anda memiliki begitu banyak peluang usaha yang menjanjikan. Salah satunya adalah usaha kuliner yakni warteg. Tidak semua orang di kantor, sekolah maupun kosan mau memasak makanannya sendiri. Maka dari itu, warteg dapat menjadi opsi tempat makan yang baik.
Anda bisa menyajikan menu warteg tersebut dengan berbagai macam pilihan. Misalnya, makanan berkuah, makanan dibakar hingga oseng dan gorengan. Selain makanan, Anda juga bisa menambahkan aneka menu minuman pada warteg yang Anda buka. Misalnya, serba teh, kopi, susu hingga es campur.
  1. Bakso bakar

Di samping sosis bakar, alternatif lain yang bisa menjadi peluang usaha makanan ringan yang cukup populer bagi Anda ialah bakso bakar. Makanan ringan kekinian ini memang sangat digemari oleh berbagai macam kalangan. Hal ini berangkat dari cita rasa yang gurih dan kenyal dari bakso bakar.
Anda bisa memvariasikan bakso bakar dengan aneka topping yang menggiurkan seeprti saus manis, saus pedas manis, mayonaise hingga keju.
  1. Teh Thailand

Thai tea atau teh Thailand adalah salah satu menu minuman kekinian yang dapat dijadikan sebagai peluang usaha bagi Anda. Teh dari Thailand ini kini tengah menjadi trend bagi masyarakat luas Indonesia. Karena cita rasanya yang unik, tidak heran jika teh ini begitu disukai banyak orang.
Jika Anda memiliki modal terbatas, maka Anda bisa membuka usaha teh Thailand secara franchise. Biasanya modal untuk mendirikan franchise Thai tea tidak sampai 5 juta rupiah. Selain sudah bisa mendapatkan nama, Anda juga bisa mendapatkan manfaat praktis karena tidak lagi repot untuk mencari bahan.
  1. Bubble Tea

Serupa dengan Thai tea, bubble tea adalah salah satu peluang usaha makanan kekinian yang sedang populer. Hal unik dari minuman satu ini adalah sensasi butiran bubblenya yang juga mengenyangkan. Bagi Anda yang mau membuka usaha kuliner, maka usaha bubble tea dirasa sangat cocok dijalankan di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia.
Peluang usaha bubble tea masih terbuka lebar mengingat tingginya minat pembeli yang masih patut diperhitungkan. Pangsa pasar yang tinggi tersebut membuat usaha bublle tea akan minim risiko. Anda bisa meraup untung yang begitu menggiurkan dari usaha teh kekinian asli Taiwan ini.
  1. Aneka kopi

Memulai usaha kuliner aneka kopi tidak melulu membutuhkan modal uang yang cukup besar. Yang terpenting dari bisnis kuliner minuman satu ini adalah kejelian dalam melihat peluang. Misalnya, kopi seduh dingin atau yang lebih tren dengan istilah cold brew. Bahkan Anda bisa membuat brand sendiri.
Untuk berbisnis aneka kopi, Anda tidak perlu membuat kafe atau kedai kopi mewah. Yang diperlukan adalah kepiawaian Anda dalam mengelola sosial sebagai metode pemasaran yang ampuh. Adapun modal yang Anda butuhkan untuk mendirikan usaha ini adalah alat seduh kopi dan perlengkapan lain sesuai dengan kantung Anda.
  1. Olahan susu sapi

Produk olahan susu sapi masih banyak digemari oleh masyarakat luas. Untuk itu, bagi Anda yang tertarik dengan kuliner satu ini untuk dijadikan peluang usaha makanan dan minuman (kuliner). Dengan mengelola produk olahan susu, maka Anda akan memperoleh profit yang kian besar hingga mencapai 50%.
Adapun contoh produk olahan susu yang dapat Anda jadikan lahan bisnis ialah susu segar, yoghurt, cake dan sebagainya. Untuk pemasarannya, Anda bisa menjual produk olahan susu di kantin sekolah, warung, supermarket hingga pasar.
  1. Aneka sambal rumahan

Aneka sambal rumahan bisa menjadi peluang usaha yang menarik bagi Anda yang gemar berkreasi masakan. Selain cita rasa, yang menjadi kunci utama lain dari bisnis aneka sambal rumahan ialah pengemasan produk. Hal ini bertujuan agar sambal yang Anda buat bisa dikirim secara praktis ke berbagai wilayah Indonesia.
Bisnis ini terbilang cukup menjanjikan karena sambal selalu menjadi teman makan favorit bagi sebagian besar orang Indonesia. Nampak ada yang kurang apabila Anda makan nasi tanpa sambal, bukan?
  1. Takoyaki

Takoyaki merupakan makanan kaki lima khas negara Jepang. Bukan hanya digemari negara asalnya saja, akan tetapi takoyaki juga banyak digemari oleh warga lokal. Makanan berbentuk bola dengan isian gurita ini saat ini tengah menduduki tingkat popularitas makanan ringan bagi masyarakat luas Indonesia.
Bagi Anda yang ingin memulai usaha di bidang kuliner, tidak ada salahnya untuk menjadikan takoyaki sebagai alternatif usaha Anda. Anda bisa mulai menjual camilan ini di tempat-tempat terbuka seperti mall-mall dengan mendirikan booth atau semacam stand.
  1. Martabak

Versi kearifan lokal dari sajian pizza ini sudah begitu terkenal bagi masyarakat luas. Di samping sebagai jajanan, martabak juga sering dijadikan sebagai buah tangan. Melihat hal tersebut, tentu Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu peluang usaha makanan dan minuman (kuliner) yang menguntungkan.
Agar usaha tersebut semakin laris, maka Anda perlu memvariasikan menu martabak Anda. Misalnya, Anda bisa mengkombinasikan martabak dengan selai cokelat, keju, kacang, pisang cokelat, strawberry, blueberry dan sebagainya.
  1. Siomay dan batagor

Siomay dan batagor banyak digemari oleh masyarakat luas sebagai camilan karena memiliki rasa yang enak dan nikmat. Untuk itu, siomay dan batagor dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang amat menjanjikan. Terlebih lagi jika Anda ingin memiliki usaha kuliner dengan balik modal yang cepat.
Usaha siomay dan batagor yang terus eksis bisa membuat Anda cepat balik modal. Apabila Anda memiliki manajemen usaha yang baik, tentu bukan perkara sulit untuk memperluas sayap usaha Anda.
  1. Masakan Jawa

Masakan Jawa dikenal ramah di lidah dan akan membuat siapa saja jatuh cinta dengan cita rasanya yang khas. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk memulai usaha masakan satu ini. Anda dapat memulai usaha masakan Jawa dengan memilih satu fokus makanan khas Jawa. Misalnya, mi lethek, rujak cingur, tahu tek hingga kopi joss.
Biasanya bahan masakan Jawa sangat mudah ditemukan di pasaran. Bukan hanya bahannya saja yang mudah ditemukan, akan tetapi cara memasaknya juga terbilang sangat mudah.
  1. Masakan China

Masakan China adalah salah satu jenis kulineran yang saat ini banyak digandrungi oleh masyarakat luas. Penggemar makanan ini bisa berasal dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Makanan ini banyak digemari karena memilki cita rasa tersendiri yang menyatu dengan lidah orang Indonesia. Jika Anda mahir dalam memasak masakan China, tentu hal tersebut bisa menjadi ide bisnis yang cukup menjanjikan.
Anda bisa memasak beraneka macam masakan China seperti tomyang, capcay, fuyunghay, kwetiau dan lainnya. Terlebih lagi untuk menemukan bahan baku masakan China bukan merupakan hal yang sulit. Bahan-bahan tersebut dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran.
50 alternatif peluang usaha makanan dan minuman (kuliner) kiranya dapat bermanfaat bagi Anda, terutama yang tengah bingung untuk menemukan referensi bisnis usaha. Bisnis kuliner yang tidak ada matinya, tentu dapat memberikan keuntungan yang dinamis bagi Anda.
logoblog

Thanks for reading 50+ Peluang Usaha Kuliner Makanan dan Minuman

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.