Friday, April 17, 2020

Panduan Lengkap Cara Menitipkan Barang Dan Syarat Pemasok Di Indomaret Untuk Pemula

  deka       Friday, April 17, 2020
Saat ini ada banyak orang mencari informasi mengenai bagaimana cara memasukkan atau menjual barangan produk dagangan ke indomaret, nah jika anda penasaran, maka artikel ini adalah jawaban tepat.

Pada dasarnya toko alfamart dan indomaret adalah gerai terpopuler di Indonesia, jadi ada banyak orang berbelanja kebutuhannya di gerai tersebut. Lantas bagaimana menjadi pemasok produk atau bagaimaan cara kerja sama dengan indomaret ?

Lalu apa sajakah syarat untuk memasukkan produk dagangan jualan ke indomaret ?
cara menitipkan barang dagangan ke indomaret
Nah bila anda ingin memasarkan produk ke alfamart atau indomaret, bisa dibilang sangat mudah sekali, asalkan produk yang anda jual itu bisa memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Contohnya sudah mempunyai izin secara legal sesuai dengan kapasitas usahanya tersebut.

Pada dasarnya memasarkan produk adalah hal yang mutlak, namun jika anda bisa menjadi salah satu supplier indomaret, tentu hal ini bisa membantu dalam mengembangkan usaha dan juga pangsa pasarnya, entah itu kategori produk kesehatan, rumah tangga, hingga makanan.

Perlu kita ketahui disini bahwa keberadaan gerai toko indomaret sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia, jadi bukan hanya ada di perkotaan saja, namun banyak kecamatan kita sudah bisa menemui indomaret.

Nah peluang ini bisa anda manfaatkan dengan numpang titip jualan ke indomaret, sebab setiap harinya ada banyak pembeli lalu Lalang ke gerai tersebut..ini kesempatan yang bagus sekali untuk produsen.

Tidak hanya produsen tangan pertama saja yang bisa berkerja sama dengan gerai ini, akan tetapi pengusaha UMKM juga bisa memasarkan produk dagangan mereka, sehingga bisa mengembangkan usaha.

Permasalahannya tidak semua orang tahu bagaimana mempromosikan barang ke toko minimarket, hanya segelintir orang saja.

Contohnya saja jika anda mau menjual produk makanan ke minimarket, pastinya ada beberapa hal yang harus dipenuhi, entah itu syarat ketentuan, kategori, produk, dan lain sebagainya.

Tentu ini akan menjadi suatu pertimbangan…

Oleh sebab itu, syarat supaya dagangan anda bisa diterima oleh gerai indomaret, memang harus memenuhi syarat ketentuan yang mereka buat, produk tersebut harus sesuai standar kebijakan dan kualifikasi pihak mereka.

baca juga Panduan Cara Syarat Sewa Tempat Usaha Depan Alfamart Dan Indomart

Jika tidak sesuai, mereka berhak menolak tawaran anda secara mentah-mentah..

Bila anda mengalami masalah seperti ini, maka simak saja sajian renyah dibawah ini

Syarat Menjadi Pemasok Di Indomaret


A. Pemilihan barang


Tahukah anda bahwa indomaret memang sangat selektif sekali dalam memilih produk, jika sesuai dengan kebijakan mereka, maka produk anda bisa masuk ke tokonya. Produk itu bisa kategori food ataupun kategori non food.
daftar barang di indomaret
Dagangan yang ditawarkan pula harus sesuai dengan market mereka, jadi tidak sembarangan produk yang bisa dimasukan.

Beberapa kebijakan tersebut yang paling utama diperhatikan ialah kemasannya, nah bila anda penasaran apa saja bentuk kemasan yang harus diperhatikan, silakan lihat :


  • Harus rapi. Nah poin utama yang harus anda perhatikan ialah bentuk kemasannya, pihak mereka lebih memilih bentuk segi pengemasan yang rapi. Jadi, kalau ada kemasan yang dibungkus sembarangan, tentu mereka akan menolak.
  • Higienis. Tidak hanya rapi saja, akan tetapi segi kemasan produk anda harus higienis, jangan sampai bakteri seperti debu bisa masuk. Usahakan pengemasan terlihat sempurna, dan juga tidak mudah rusak.
  • Bentuk modern. Memperhatikan kemasan yang higienis adalah hal mutlak, namun itu masih kurang, anda juga harus bisa membuat kemasan produk yang modern, contohnya dari segi warna, tampilan produk, model, dan lain-lain. Jadi tidak hanya sekedar membungkus saja.


Diatas adalah beberapa hal mengenai kebijakan dari indomaret..alangkah baiknya ikuti kualifikasi tersebut dengan memulai pemilihan kemasan.

B. Syarat produk dagangan


Untuk pembahasan kali ini adalah syarat untuk produk dagangan, beberapa kebijakan dibawah ini harus diperhatikan juga agar dagangan bisa masuk ke tokonya.

1. harga dan juga kualitas

Iya memang benar, anda harus memperhatikan kualitas produk yang ingin dijual, usahakan produk tersebut mempunyai kadar kualitas yang baik, contohnya saja ketika dikonsumsi atau disimpan dalam waktu lama produk tidak mudah rusak.

Sedangkan untuk harga harus kompetitif, artinya harga yang ingin ditawarkan tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah, intinya standar saja.

Mengapa demikian ? karena orang yang berkunjung belanja ke indomaret kebanyakan membeli kebutuhan sehari-hari, jadi harus perhatikan kualitas dan juga harganya.

2. keamanan

Apa maksudnya ?
label BPOM di produk
Produk yang ingin anda masukan ke gerai harus aman di konsumsi oleh banyak orang terutama konsumen. Arti aman disini bisa mencakup banyak hal, jadi bukan hanya “aman dikonsumsi saja”.

Dibawah ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan bagi pemasok :


  1. Tercantum data informasi produk maupun data distributor di belakang bagian bawah kemasan
  2. Tercantum data mengenai informasi ukuran produk (ex : liter/gram)
  3. Produk anda sudah terdaftar di Departemen Kesehatan, ataupun beberapa dinas terkait lainnya, sudah berlabel BPOM
  4. Sudah tercantum mengenai informasi tanggal expired atau kadaluarsa dari produk
  5. Sudah berlabel logo halal dari MUI (ini hanya untuk kategori makanan saja, kalau non food tidak perlu)
  6. Terdapat data informasi mengenai barcode, hal ini bertujuan supaya memudahkan pihak karyawan indomaret dalam pendataan barang


Itulah beberapa hal yang wajib sekali anda perhatikan, usahakan harus lengkap yaa…jangan pernah diabaikan. Jika belum lengkap, usahakan urus terlebih dahulu.

baca juga WOW 25 Situs Web Penghasil Uang Rupiah Dan Dollar Tercepat Tanpa Modal

Kemudian baru bisa ajukan ke pihak mereka agar proses pengurusan lebih mudah.

C. Syarat sebagai pemasok


Diatas tadi kita sudah bahas untuk syarat dagangan, sekarang adalah syarat sebagai pemasok, nah dibawah ini ada beberapa poin yang harus anda perhatikan sekarang juga :

- Pertama, lakukan pengisian form data formulir lengkap di link ini https://indomaret.co.id/mitra/info-pemasok/formulir-penawaran-produk-online.html , disana anda akan diminta memasukan data informasi produk tersebut

Memiliki komitmen sebagai pemasok, contohnya : jadwal pengiriman, sistem pembayaran, hingga ke pemenuhan order.

Pihak pemasok harus bersedia dalam membuat usulan perihal kerja sama promosi.

Pemasok harus siap dalam melakukan evaluasi penjualan produk itu sendiri di toko indomaret. Evaluasi penjualan disini berkaitan erat dengan pembagian keuntungan.

Bagaimana cara mengisi formulir ?

Jika anda sebagai pemasok, mungkin akan kebingungan dalam mengisi formulir, sebab baru pertama kali mencoba memasukan produk dagangan ke toko tersebut.

Jika iya ? maka saya akan sedikit membantu anda dalam mengisi form tersebut.

Apa yang harus dilakukan ? pertama langsung saja buka link ini di browser anda https://indomaret.co.id/mitra/info-pemasok/formulir-penawaran-produk-online.html

Nanti akan muncul tampilan baru mengenai formulir apa saja yang harus dilengkapi
formulir pendaftaran produk online

  1. Pertama, untuk data pribadi pemohon, silakan isi nama lengkap anda
  2. Alamat kantor. masukan saja jika anda mempunyai kantor tempat membuat produk tersebut
  3. Contact person. isi nomor yang bisa dihubungi
  4. Jabatan. Jika tidak ada, silakan pilih “lainnya”, kemudian lengkapi keterangan dibawah
  5. Telepon/FAX. Masukan telepon aktif jika ada
  6. Email. Isi saja alamat email atau surel bisnis anda


Setelah sudah terisi, selanjutnya masukan produk yang ingin anda tawarkan, masukan “nama dan juga merk” produk itu, jangan lupa upload juga foto, harga, diskon, dan juga berat netto.

Bila sebelumnya anda pernah menjual produk di outlet toko lainnya, silakan isi saja, jika tidak pernah, boleh kosongkan atau lewati saja.

Silakan perhatikan gambar dibawah ini..
produk yang ingin ditawarkan

outlet yang sudah pernah menjual
Kemudian, pilih bagian mengenai promosi apa yang ingin anda jalankan, intinya rencana promosi seperti apa yang ingin anda buat supaya produk itu cepat laku

Apakah lewat majalah, iklan televisi, surat kabar, radio, atau sumber lainnya. Sertakan tanggal anda saat mempromosikan dagangan milik sendiri.

Silakan lihat gambar dibawah ini..pilih lainnya kalau sumber promosi anda berasal dari internet seperti media sosial.
promosi yang dijalankan
Jika sudah klik bagian “dengan ini saya menyatakan informasi tersebut sudah benar dan tepat”. Kemudian klik OK

Selesai…

FAQ – Tanya Jawab


Sekarang bagaimana mas ?

Anda cukup menunggu persetujuan dari pihak indomaret, jika informasi yang sudah dimasukan tadi sudah benar sesuai kebijakan, maka mereka akan menghubungi anda melalui contact person yang sudah di isi.

Berapa lama proses persetujuan ?

Menurut saya ini tergantung sekali, anda harus sabar menunggu proses persetujuan, biasanya paling lambat hanya 1 minggu

Saya kebigungan seperti itu mas, apa ada cara lain ?

Tentu ada, jika anda kesulitan dalam mengisi formulir seperti diatas, solusinya yaitu cukup kunjungi gerai indomaret terdekat di kota anda, nah biasanya mereka akan memberitahu informasi mengenai kerja sama antar pemasok dan juga UKM.

baca juga Inilah Cara Mudah Mengira Berapa Persen Margin Keuntungan Dari Penjualan Produk Dagangan

Cara ini akan jauh lebih memudahkan anda, karena mereka akan menjelaskan apa saja perihal yang harus dipenuhi.

Penutup


Itulah artikel yang sudah saya tulis mengenai cara menitipkan barang ke indomaret, jika ada yang bingung dengan penjelasan diatas, silakan saja anda ajukan pertanyaan di kolom komentar bawah ini.

Terima kasih..
logoblog

Thanks for reading Panduan Lengkap Cara Menitipkan Barang Dan Syarat Pemasok Di Indomaret Untuk Pemula

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.