Saturday, February 6, 2021

Jenis2 Massage (Pijat) Beserta Peluang Usahanya

  Poor Man       Saturday, February 6, 2021

Jenis2 Massage - Massage atau pijat merupakan kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat, baik di desa maupun kota. Dengan pijat akan membuat tubuh terasa lebih rileks dan enakan sehingga lebih siap lagi menjalani aktivitas harian. Beberapa orang juga percaya pijat akan mampu menyembuhkan berbagai macam sakit, khususnya pegal-pegal. Karena merupakan kebutuhan banyak orang, alhasil banyak yang mencoba membuka rumah pijat atau massage tersebut.

Bisnis massage atau pijat bisa dibilang masih jarang ditemukan, kebanyakan adalah tukang pijat panggilan. Ini tentunya bisa menjadi peluang emas bagi kamu yang sedang mencari bisnis yang menjanjikan. Namun, sebelum membuka bisnis rumah pijat, sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja jenis2 massage atau pijat yang populer di masyarakat Indonesia maupun luar negeri. Informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini!

Jenis2 Massage (Pijat) Beserta Manfaatnya Bagi Tubuh


Peluang Usaha Massage atau Pijat di Pedesaan

Untuk daerah perkotaan mungkin kamu bisa dengan mudah menemukan rumah yang menyediakan jasa pijat. Akan tetapi akan berbanding terbalik jika kamu melakukan survey di daerah pedesaan. Rumah pijat seperti ini sangat jarang ditemukan, bahkan nyaris tidak ada sama sekali. Kebanyakan tukang pijat tidak menyediakan tempat khusus, tidak lain rumahnya sendiri yang difungsikan sebagai tempat pijat.

Kamu yang memang mencari peluang usaha di desa yang menjanjikan, usaha rumah pijat ini bisa dijadikan pilihan. Peluangnya masih sangat besar, mulailah menjalankan tersebut sejak saat ini. Jika masih ragu, ketahui beberapa keuntungan jika menjalankan bisnis rumah pijat di bawah ini, yakni:

·         Masih minim saingan. Kamu bisa dengan lebih mudah mendapatkan pelanggan jika benar-benar membuka bisnis ini di pedesaan.

·         Modal yang dibutuhkan cenderung kecil.

·         Tidak harus punya keahlian pijat, kamu bisa mempekerjakan orang yang memang ahli di bidang tersebut.

·         Keuntungan yang didapat cukup besar.

·         Minim risiko. Terlebih lagi jika kamu mempekerjakan orang yang sudah sangat paham mengenai massage dan profesional pastinya.

Risiko dan Hambatan dalam Bisnis Massage atau Pijat

Ada beberapa risiko dan hambatan yang harus kamu hadapi jika menjalankan bisnis ini, khususnya di pedesaan, di antaranya:

·         Persaingan harga sangat ketat. Pastikan kamu sudah melakukan survey dan menentukan harga yang kompetitif.

·         Butuh kerpercayaan lebih dari masyarakat agar bisnismu semakin berkembang.

·         Orang-orang belum terlalu paham mengenai jenis-jenis pijat. Mereka tahunya hanya sekedar pijat dan menganggap semua jenis pijat sama.

·         Siap menerima komplain dikarenakan hasil pijatan yang kurang sesuai dengan ekspektasi masyarakat.

Jenis2 Massage atau Pijat yang Paling Populer

Seperti yang dijelaskan tadi, ada beberapa jenis massage atau pijat yang ada sekarang ini. Masing-masing jenis pijat memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan dan ini penting untuk kamu tahu. Khususnya  bagi kamu yang berminat untuk membuka jasa pijat profesional. Adapun beberapa jenis massage tersebut, di antaranya:

1. Pijat Swedia

Jenis pijat yang paling populer yang pertama yakni bernama Pijat Swedia. Jenis pijat satu ini cocok untuk kamu yang ingin meringankan nyeri dan pegal pada tubuh yang masih di tingkat ringan. Teknik untuk jenis pijat satu ini yakni kombinasi antara getaran, pijatan memanjang, gerakan melingkar, dan juga memberikan tekanan pada bagian persendian serta seluruh bagian tubuh.

Setelah selesai dipijat, tubuh akan terasa lebih ringan karena otot yang kaku dan tegang sudah dikendurkan. Jenis pijat ini juga sangat cocok untuk pemulihan cedera.

2. Pijat Aromaterapi

Sebenarnya massage satu ini masih sama dengan jenis pijat sebelumnya, namun yang membedakan adalah penggunaan minyal essensial. Untuk teknik pijatnya sendiri masih sama, yakni pijat memanjang, gerakan melingkar, penekanan pada sendi hingga memberikan getaran.

Yang paling utama dari jenis pijat ini adalah penggunaan minyal essensial, yang tidak hanya memudahkan pemijatan juga membuat tubuh rileks karena aromanya tersebut. Beberapa jenis minyal essensial bahkan diklaim punya manfaat menyembuhkan sakit, seperti gejala PMS.

3. Pijat Jaringan Dalam

Untuk kamu yang merasakan nyeri otot atau pegal tingkat kronis, jenis pijat jaringan dalam ini bisa dijadikan pilihan. Disebut juga dengan deep tissue massage, jenis pijat satu ini akan cenderung memberikan lebih banyak tekanan pada tubuh.

Untuk teknik pemijatannya sendiri yakni dengan menekan hingga menyentuh lapisa otot dan jaringan ikat terdalam. Pemijatan dilakukan secara perlahan sehingga tidak akan menimbulkan rasa sakit saat proses pijat.

4. Pijat Thai

Pijat Thai lebih akan memberikan manfaat meregangkan otot yang kaku dan meredakan nyeri punggung. Selain itu, jenis pijat ini juga akan memberikan dampak keseimbangan tubuh lebih terjaga dan menyembuhkan gejala migrain dengan cepat.

Dalam proses pijat, kamu akan dituntun untuk menyesuaikan berbagai posisi bersama terapis. Mulai dari posisi membungkuk, miring ke kanan dan ke kiri, duduk sila, dan posisi lainnya. Hal ini dilakukan untuk mempermudah terapis melakukan peregangan pada otot-otot klien. Dari gerakan-gerakan yang dilakukan, jenis pijat ini agak mirip seperti yoga. Tidak heran karena memang Pijat Thai memadukan antara terapi pijat dan yoga.

5. Pijat Shiatsu

Manfaat utama dari jenis massage satu ini yakni duntuk mengembalikan keseimbangan tubuh dan juga meningkatkan aliran energi. Dengan demikian, tubuh akan terasa lebih nyaman ketika sudah selesai dipijat. Tidak hanya itu saja, memilih Pijat Shiatsu akan membantu kamu menghilangkan stres, meredakan nyeri, mengatasi insomnia, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk teknik pijatnya sendiri terbilang cukup unik. Pijat Shiatsu memadukan antara pemijatan menggunakan tangan, jari-jemari, dan juga siku.

6. Pijat Baru Panas

Disebut juga dengan istilah Hot Stone Massage, jenis pijat satu ini memang terbilang unik. Kalau umumnya pijat menggunakan tangan kosong, beda lagi dengan jenis pijat satu ini yakni menggunakan media batu yang dipanaskan. Batu yang mengeluarkan suhu panas tersebut diklaim akan membantu mengendurkan otot yang tegang, serta meningkatkan aliran darah.

Tidak hanya menaruh batu di bagian tubuh tertentu saja, sesekali batu akan digenggam oleh terapis kemudian melakukan gerakan pemijatan. Jenis pijat satu ini sangat cocok bagi kamu yang mengalami nyeri otot kronis.

7. Pijat Refleksi

Tidak seperti jenis pijat lainnya, Pijat Refleksi hanya berfokus pada pemijatan di area tangan dan kaki saja. Terapis akan menekan titik tertentu pada kaki dan tangan untuk memberikan efek pada seluruh tubuh.

Seperti yang kita tahu, di tangan dan kaki terdapat titik-titik akupresure yang terhubung langsung dengan bagian tubuh dan organ lainnya.

8. Pijat Prenatal

Untuk jenis pijat yang satu ini hanya dikhususkan bagi para ibu hamil saja. Pemijatan akan mampu meringankan nyeri tubuh pada ibu hamil. Selain itu, jenis pijat ini akan membantu meregangkan otot yang tegang, meringankan kaki bengkak dan juga mengurangi stres pada ibu hamil.

Penutup

Itulah tadi informasi seputar peluang bisnis rumah massage dan jenis2 massage yang perlu kamu tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Next article: Peluang Usaha Penggilingan Padi di Pedesaan

logoblog

Thanks for reading Jenis2 Massage (Pijat) Beserta Peluang Usahanya

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.