Monday, July 26, 2021

Evaluasi Target Bisnis Secara Rutin untuk Meraih Sukses

  Poor Man       Monday, July 26, 2021

EvaluasiTarget Bisnis - Pasti semua orang ingin meraih kesuksesan, tetapi tidak semua orang layak sukses. Jalan untuk menuju kesuksesan itu berliku, terjal, naik, berkelok-kelok, memutar. Jalan yang sangat sulit, namun jalan itu ada.

Evaluasi Target Bisnis Secara Rutin untuk Meraih Sukses

Jalan itu terbuka untuk semua orang, termasuk kita. Tapi tidak semua orang bisa sampai ke garis akhir. Banyak godaan yang memaksa kita untuk berhenti. Jarang ada orang yang introspeksi diri saat terpeleset. Dengan alasan konsistensi, banyak yang mengulangi kesalahan yang sama. Evaluasi Target Bisnis atau usaha yang telah dan ingin dicapai harus dilakukan untuk meraih kesuksesan.

Perlu kreativitas lebih, perubahan dan persaingan harus dihadapi dengan pengetahuan yang luas. Apabila bulan ini kamu berhasil membuka toko online dan laris, bulan depan pasti akan banyak toko serupa yang mengelilingi.

Permainan harga sudah pasti berlangsung sengit, jangan salahkan kompetitor karena ini sudah pasti hukum alam. Jika mulai kalah, salahkan diri sendiri yang tidak mau berubah. Di mana posisi kita tahun lalu? Kemajuan apa yang telah dicapai tahun ini?

Mungkin bulan lalu kamu belum memulai bisnis, tapi sekarang sudah menjadi pebisnis. Bisa jadi usaha kita maju dengan pesat dalam setahun terakhir. Tapi bisa jadi sedang bangkrut saat ini. Hasil tidak selalu patut dipuji, tapi semangat untuk terus bergerak, bangkit dari kegagalan yang layak untuk diapresiasi.

Itulah entrepreneur sejati. Hidup tidak selamanya adil. Mungkin baru-baru ini kamu kena tipu, difitnah, ditinggalkan. Jangan sampai mengurangi semangat. Meski sedang berada di bawah, paling penting adalah terus maju, terus melangkah.

Sekaranglah waktunya untuk melakukan evaluasi rutin. Evaluasi bulanan, tahunan wajib dilakukan. Saatnya menghitung pencapaian dan kerugian. Rancang kembali strategi untuk kemajuan. Menengok kebelakang, mengecek kembali perbekalan, menetapkan tujuan di bulan yang baru.

Jangan bilang tidak punya waktu untuk mengasah pisau kamu, karena ini merupakan suatu keharusan. Cukup luangkan waktu kurang lebih empat puluh menit saja. Temukan tempat yang tenang, hanya ada kamu dan Tuhan di sana. Jangan lupa bawa kertas dan pena.


10 MENIT PERTAMA

Santai dan ingat-ingat kembali, apa target kamu bulan ini? Mana yang tercapai dan mana yang tidak? Temukan alasan kenapa tidak bisa mencapainya. Temukan cara memperbaikinya agar kembali ke jalur yang benar.

Jika tidak ada target, kita patut menyesal atas kondisi saat ini yang tidak ada banyak perubahan. Kalau perlu menangislah, seakan-akan hari ini adalah hari terakhir kita berada di dunia. Seakan-akan malaikat sedang menilai kinerjamu tahun ini. Berjanji untuk tidak menyia-nyiakan waktu yang tersisa.


10 MENIT KEDUA

Rancang target baru untuk bulan atau tahun depan. Berapa yang ingin dihasilkan per bulan? Prestasi apa yang ingin diraih? Rinci sampai tentukan tanggalnya. Tulis komitmen sosial kamu. Berapa target zakat yang ingin dibayarkan bulan depan? Berapa anak yatim yang akan disantuni? Perbaikan hidup seperti apa yang ditargetkan untuk keluarga?

Buat target berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan semata. Visualisasikan ke dalam wujud gambar. Sertakan tanggal pasti kapan itu akan dicapai. Tentukan target melebihi apa yang kamu bayangkan, melebihi kemampuan kita sekarang.


10 MENIT KETIGA

Apa cara yang akan kamu tempuh untuk mencapai target tersebut? Sesuatu yang besar bisa dimakan kalau dipotong menjadi potongan-potongan kecil. Maka potong-potong target bulananmu menjadi target mingguan dan harian.

Rencanakan strategi terbaik untuk mencapai berbagai target, kemudian tuangkan dalam bentuk tulisan. Jangan lupa aksi, tidak sebatas rencana saja.


+10 MENIT TAMBAHAN

Berdoalah untuk meminta ampunan Allah SWT atas waktu yang terbuang percuma begitu saja. Malah banyak dosa yang diperbuat. Memohon agar menjadi insan yang lebih baik lagi dan pandai bersyukur.

Jangan lekas puas terhadap apa yang telah kita raih, tetapi harus mensyukuri segala hal yang telah Tuhan berikan. Kita telah diberikan waktu belasan, puluhan tahun untuk bernafas. Lantas apa balasan kita kepada-Nya? Bahkan kita selalu meminta saat sedang kekurangan. Lupa saat berada di atas. Pernahkah kita bersyukur atas diri kita yang terlahir utuh. Pernahkah bersyukur atas segala kenikmatan yang jumlahnya tak terhingga?

Terakhir, barulah kita memohon keilmuan, pemahaman, kesabaran atas upaya kita dan hanya bersandar kepada-Nya.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai pentingnya melakukan Evaluasi Target Bisnis untuk meraih kesuksesan. Dengan melakukan evaluasi secara rutin dapat membuat kita tidak gampang cepat puas namun tetap tak lupa bersyukur atas pencapaian yang telah diraih. Semoga ulasan diatas dapat menjadi referensi yang berharga untuk keberlangsungan bisnis anda, salam sukses selalu!!


Baca juga:  Cara Mempertahankan Pelanggan Toko Online Agar Tidak Berpaling

logoblog

Thanks for reading Evaluasi Target Bisnis Secara Rutin untuk Meraih Sukses

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.