Sunday, December 27, 2020

10 Rekomendasi Menu Catering Rumahan yang Wajib Dipilih

  Poor Man       Sunday, December 27, 2020

Menu Catering Rumahan - Pandemi covid-19 yang semakin merajalela memaksa semua orang untuk stay at home atau berdiam di rumah. Tidak hanya orang biasa saja, bahkan banyak karyawan kantoran yang juga harus diliburkan selama beberapa waktu. Selama berada di rumah, sebaiknya kamu mencoba mencari pengahasilan lain. Salah satunya dengan mencoba membuka usaha catering rumahan.

Usaha catering ini sendiri sudah mulai menjamur sekarang ini, tidak lain karena minat masyarakat yang semakin tinggi. Banyak orang yang tidak ingin ribet saat menggelar suatu acara atau hajatan, sehingga mereka lebih memilih memesannya di jasa catering. Jenis makanan yang disediakan biasanya cukup bervariasi. Ini tentunya bisa menjadi peluang menarik untuk kamu pilih.

Namun, sebelum mulai membuka usaha sampingan di rumah yakni catering, sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja menu catering rumahan yang cocok dihadirkan. Dengan pilihan menu yang tepat, pasti usaha cateringmu akan lebih cepat maju dan dikenal. Adapun menu pilihan untuk usaha catering rumahan selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

10 Rekomendasi Menu Catering Rumahan yang Wajib Dipilih

Pilihan Menu Catering Rumahan yang Wajib Dihadirkan

Ada banyak jenis menu untuk catering rumahan yang bisa kamu pilih dan hadirkan. Mulai dari makanan berat, tumisan, cemilan atau kue, hingga lauk tambahan. Beberapa menu tersebut bisa dijadikan pilihan untuk meramaikan menu jasa cateringmu. Adapun pilihan menu catering rumahan yang bisa dijadikan inspirasi selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menu Lalapan Ayam atau Bebek

Mungkin ini menjadi menu makanan yang sudah umum dan sering dihadirkan di jasa catering rumahan. Meski begitu, minat masyarakat terhadap menu ayam dan bebek ini masih menjadi andalan. Menu tersebut selain cocok untuk acara keluarga, juga cocok untuk jenis acara lain. Mulai dari seminar, rapat atau pertemuan, hajatan, dan lain sebagainya.

Untuk menu ayam dan bebeknya sendiri bisa divariasikan, bisa digoreng, dibakar ataupun dijadikan menu geprek. Lengkapi menu tersebut dengan nasi dan lauk pendamping seperti sayuran hijau (selada, sawi, terong, bayam, dll), tahu, tempe atau yang lainnya.

2. Menu Mie dan Bihun Goreng

Kalau menu satu ini bukanlah sebagai menu utama yang ditawarkan, melainkan sebagai menu pelengkap. Mie atau bihun goreng bisa kamu gunakan sebagai pelengkap untuk nasi kotak. Atau bisa juga untuk melengkapi menu nasi kuning yang juga lumrah digunakan.

Agar semakin menarik, menu mie dan bihun ini bisa dikreasikan sendiri. Baik itu mengandalkan rasanya yang lezat, warna mie yang tidak biasa, bahan pembuatan mie yang unik atau yang lain sebagainya.

3. Menu Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng biasanya dibutuhkan ketika menggelar suatu hajatan atau acara lainnya. Kebanyakan masyarakat juga lebih memilih untuk membelinya di jasa catering, kamu bisa memanfaatkan situasi ini. Menu nasi tumpeng bisa dihadirkan di jasa catering yang kamu jalankan.

Nasi tumpeng sendiri biasanya dilengkapi dengan berbagai pilihan lauk, seperti mie, tahu, tempe, ayam goreng, sayuran tumis atau yang lainnya. Untuk harganya sudah dihitung satu paket dengan nasi tumpengnya. Untuk nasinya sendiri bisa divariasikan, bisa pilihan nasi putih, nasi kuning, nasi kelor dan lain sebagainya.

4. Menu Aneka Jajanan Basah

Selain menu makanan di atas, ada satu menu lagi yang pastinya harus dihadirkan di menu cateringmu, yakni jajanan basah. Jajanan basah ini sendiri menjadi salah satu menu yang paling dicari oleh banyak orang. Baik untuk acara seminar kecil hingga besar, hajatan, acara keluarga, atau jenis acara lainnya. Selain banyak dicari, jajanan basah juga lebih mudah untuk proses pembuatannya.

Beberapa jenis kue atau jajanan basah yang harus ada, mulai dari risoles, lemper, kue bolu, pastel, onde-onde, dan lain sebagainya.

5. Menu Sambal Goreng Kentang dan Semacamnya

Sama halnya seperti mie dan bihun goreng, sambal goreng juga bisa menjadi menu pelengkap di usaha cateringmu. Salah satunya yang paling dicari dan enak yakni sambal goreng kentang. Jenis menu satu ini juga punya ketahanan yang lebih lama, bisa sampai berhari-hari jika dibungkus dengan rapat. Namun, untuk sambal goreng basah biasanya tidak cukup awet.

Agar lebih menarik, sambal goreng bisa dicampur dengan bahan lainnya, seperti kacang, hati sapi atau ayam, pete, ampela dan lain sebagainya. Berikan komposisi bumbu yang pas agar rasanya lebih lezat.

6. Menu Pepas

Menu untuk catering rumahan lain yang terbilang unik dan masih jarang dihadirkan yakni menu pepesan. Menu pepes bisa menjadi pelengkap atau bahkan lauk utama untuk nasi. Cara membuatnya sangat mudah dan peminatnya terbilang banyak, menjadikan sebagai menu yang paling potensial untuk usaha catering rumahan.

Kamu yang tidak ingin ribet menyediakan banyak menu di usaha catering, bisa dengan berfokus pada menu pepesan ini saja. Hadirkan berbagai jenis menu pepes, seperti pepes ikan, pepes tahu, pepes udang, pepes jamur dan lain sebagainya.

7. Menu Rendang Khas Padang

Menu rendang ini sendiri biasa kita temui di rumah makan padang, di mana rendang memang menjadi menu favorit. Kamu bisa mencoba menghadirkan menu rendang khas padang tersebut di usaha cateringmu. Tidak perlu ragu, karena rendang merupakan menu favorit yang disukai oleh banyak orang.

Rendang sendiri bisa dikreasikan dengan bumbu-bumbu khusus sehingga menambah cita rasa dari makanan tersebut. Misalnya saja dengan menaburinya dengan wijen sehingga membuat rasanya gurih dan lezat.

8. Menu Sayuran Tanpa Kuah

Menu yang berkuah mungkin agak susah untuk dihadirkan di usaha catering, khususnya yang menyediakan layanan delivery. Karena itulah, lebih baik kamu menghadirkan menu yang non kuah. Misalnya saja menu tumisan sayur yang tidak berkuah, misalnya saja cap cay.

Menu sayuran tanpa kuah seperti ini bisa menjadi pelengkap menu utama yang paling spesial. Selain cap cay, menu sayuran non kuah lain bisa dihadirkan. Yang pasti, untuk membuatnya pastikan kamu menggunakan sayuran yang masih segar.

9. Menu Aneka Gorengan

Gorengan juga menjadi salah satu makanan yang paling favorit di lidah orang Indonesia. Gorengan bisa dijadikan pengganti untuk sarapan atau teman santai saat sore hari. Beberapa jenis gorengan yang paling diminati seperti, tahu isi, tempe mendoan, bakwan jagung, bakwan sayur dan lain sebagainya.

Selain rasanya yang enak dan bikin nagih, gorengan juga dibanderol dengan harga yang murah membuat banyak orang menyukainya.

10. Menu Aneka Macam Seafood

Dan pilihan menu catering rumahan yang terakhir harus dihadirkan di usaha cateringmu yakni masakan seafood. Menu Seafood sendiri memang masih jarang dipilih untuk menu catering. Alasannya mungkin karena cara mendapatkannya yang terbilang susah.

Namun, untuk Anda yang tinggal di daerah yang tidak jauh dari pantai, menu satu ini sangat pas untuk dihadirkan. Harganya mungkin relatif mahal, tetapi peminatnya cukup banyak. Kamu bisa mengkreasikannya dengan menjadikan berbagai jenis masakan yang super lezat.

Penutup

Itulah tadi beberapa jenis menu catering rumahan terbaik yang bisa kamu pilih jika ingin membuka bisnis catering rumahan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Next Article: Jasa Jahit Rumahan

logoblog

Thanks for reading 10 Rekomendasi Menu Catering Rumahan yang Wajib Dipilih

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.