Friday, February 12, 2021

Peluang Usaha Pangkas Rambut Pria dan Analisanya

  Poor Man       Friday, February 12, 2021

Pangkas Rambut Pria - Memangkas rambut merupakan kebutuhan bagi semua orang, tidak lain untuk membuat penampilannya lebih rapi dan bersih. Meskipun memang ada beberapa orang yang lebih suka rambutnya panjang dan tidak dipangkas. Untuk urusan memangkas rambut, setiap orang berbeda-beda seleranya. Ada yang lebih suka ke salon khusus dan ada pula yang lebih memilih tukang pangkas rambut di jalanan. Untuk hasilnya tentu berbeda, tergantung keinginanmu merapikan rambut.

Melihat kebiasaan memangkas rambut yang sudah jadi kebutuhan, ini tentunya memberikan peluang tersendiri bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan cepat. Menjalankan bisnis pangkas rambut akan memberikanmu penghasilan yang besar, bahkan hanya dengan modal kecil. Jika tertarik, berikut ini informasi seputar usaha pangkas rambut pria dan analisisnya yang perlu kamu simak sampai tuntas.

Peluang Usaha Pangkas Rambut Pria dan Analisanya


Peluang Usaha Pangkas Rambut Pria yang Menjanjikan

Bisnis pangkas rambut tidak hanya selalu dicari di perkotaan, tetapi juga di pedesaan. Karena itulah, pangkas rambut menjadi salah satu peluang usaha di desa yang paling menjanjikan untuk kamu pilih dan jalankan. Peminatnya pun sangat banyak, namun paling besar dan banyak dicari adalah jasa pangkas rambut pria.

Seperti yang kita tahu, para kaum adam juga sangat memperhatikan soal penampilannya. Apalagi mereka yang sedang mencari calon pendamping, penampilan kerena menjadi pemikat utama agar para wanita suka dengannya. Jasa pangkas rambut biaya menyediakan beberapa jenis atau gaya rambut pria yang keren dan itu bisa disesuaikan dengan keinginan klien.

Berbicara mengenai bisnis pangkas rambut keren pria, ada beberapa alasan yang membuatnya sangat menjanjikan untuk dijalankan, di antaranya:

1.      Kebutuhan wajib. Beberapa pria biasanya akan selalu rutin memotong rambutnya, setidaknya sebulan sekali. Memang ada beberapa pria yang lebih suka rambut panjang, namun kabanyakan dari mereka lebih memilih berambut pendek. Ini tentunya semakin memperbesar peluang kamu mendapatkan banyak pelanggan dari bisnis satu ini.

2.      Modal kecil. Tidak seperti jenis bisnis lainnya, bisnis pangkas rambut khusus pria ini tidak memerlukan modal besar. Berbeda dengan salon khusus perempuan, di mana peralatan yang disediakan umumnya mahal-mahal dan banyak.

3.      Desain tempat pangkas rambut simpel dan sederhana. Kamu tidak perlu bingung soal desain tempat cukur yang akan didirikan. Cukup dengan desain simpel dan tidak begitu ribet, karena umumnya pelanggan tidak begitu mementingkan itu semua. Mereka hanya menginginkan hasil pangkas rambutnya sesuai keinginan dan memberikan aura keren untuk penampilannya.

4.      Profit margin yang didapat dari bisnis pangkas rambut untu pria terbilang besar. Jika dirata-rata, profit margin total dari usaha ini mencapai angka 60% dari total modal dan biaya operasionalnya.

5.      Saingan masih minim. Jika di perkotaan mungkin sudah banyak tempat pangkas rambut khusus pria yang tersedia. Namun berbeda dengan daerah pedesaan, umumnya masih cukup jarang yang menjalankan bisnis satu ini.

Risiko dan Kelemahan Bisnis Pangkas Rambut Pria

Meskipun bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar, namun ada beberapa kelemahan dan risiko yang harus dihadapi jika menjalankan bisnis satu ini. Adapun beberapa risiko dan hambatan dari bisnis potong rambut pria selengkapnya, sebagai berikut:

1.      Persaingan harga. Salah satu hambatan dalam menjalankan bisnis pangkas rambut yakni soal persaingan harga. Beberapa jasa pangkas rambut lain terkadang memberikan harga yang jauh lebih mura sehingga kamu pun harus bisa menyesuaikannya.

2.      Butuh waktu lama untuk menyelesaikan pemotongan rambut. Dikarenakan hal ini terkadang bisa menyebabkan antrean yang panjang. Sehingga mereka yang tidak sabaran akan memilih untuk pergi dan memangkas rambutnya di tempat lain.

3.      Model rambut yang kurang sesuai. Para pelanggan terkadang ingin gaya rambutnya beda dengan yang lain. Akan tetapi, entah alasan apa sehingga kamu memangkas rambut mereka bukan dengan yang diinginkannya. Hal ini terkadang menjadi dilema tersendiri bagi pemangkas dan akan berpengaruh terhadap klien lainnya.

4.      Butuh skill mumpuni. Masih ada kaitannya dengan yang tadi, keahlian dalam memotong rambut haruslah sudah sangat mumpuni. Hal ini diperlukan agar bisa memberikan kepuasan kepada para klien yang sudah mempercayakan pemangkasan rambutnya ke kamu.

Perhitungan Modal dan Keuntungan dari Bisnis Pangkas Rambut Pria

Sebelum mulai membuka jasa pemangkasan rambut, sebaiknya kamu lakukan dulu analisa terhadap bisnis tersebut. Analisa sendiri meliputi modal awal, biaya operasional bulanan dan pendapatan yang dihasilkan dari bisnis tersebut. Adapun perhitungan modal dan keuntungan dari usaha pangkas rambut pria selengkapnya, sebagai berikut:

1. Modal Awal Investasi

Modal awal perlu kamu persiapkan dan ini termasuk dalam bentuk investasi. Untuk perinciannya sendiri, yakni:

·         Pembuatan tempat (di lahan sendiri) = Rp 2.500.000,-

·         Set peralatan pangkas rambut = Rp 1.000.000,-

·         Cermin = Rp 1.000.000,-

·         Kursi cukur = Rp 1.000.000,-

·         Biaya lain-lain = Rp 100.000,-

Jadi, total keseluruhan modal awal atau investasi yang harus kamu persiapkan yakni sebesar Rp 5.600.000,-

2. Biaya Operasional Bulanan

Perlu dihitung pula biaya operasional per bulan dalam menjalankan bisnis pangkas rambut laki-laki tersebut, di antaranya:

·         Biaya listrik = Rp 200.000,-

·         Biaya peralatan sekali pakai (silet, bedak, semir, dll) = Rp 100.000,-

·         Biaya tidak terduga = Rp 100.000,-

Untuk total biaya operasional yang dihitung dalam rentang satu bulan yakni sebesar Rp 400.000,-

3. Keuntungan Per Bulan

Untuk keuntungan yang didapat dari usaha pangkas rambut khusus pria yakni sesuai banyaknya pelanggan yang datang setiap harinya. Misalnya saja dalam satu hari kamu mendapatkan 20 pelanggan dengan biaya pangkas rambut sebesar Rp 10.000,- per orang.  Maka, perhitungan keuntungannya yakni:

·         Pendapatan per hari : 20 orang X Rp 10.000,- = Rp 200.000,-

·         Pendapatan per bulan : Rp 200.000,-  X 25 hari (5 hari libur) = Rp 5.000.000,-

·         Keuntungan bersi per bulan :  Rp 5.000.000 – Rp 400.000 (biaya operasional) = Rp 4.600.000,-

Perician pendapatan di atas berlaku jika kamu tidak mempekerjakan karyawan, melainkan melakukan pemangkasan sendiri. Jika memang mempekerjakan karyawan, kamu perlu mengurangi pendapatan kotor dengan gaji karyawan. Rata-rata gaji karyawan yang umum di masyarakat yakni sekitar Rp 1.000.000,- sampai Rp 1.500.000,- per orang.

Tips Agar Bisnis Pangkas Rambut Pria Cepat Sukses

Ada beberapa tips yang perlu kamu terapkan agar bisnis potong rambut ini cepat sukses, di antaranya:

·         Memilih lokasi yang strategis. Misalnya saja tempatnya dekat dengan pasar, di pinggir jalan raya utama, dekat kota, dan lain sebagainya.

·         Tingkatkan skill memangkas rambut. Kamu harus paham dengan berbagai gaya rambut pria yang sedang trend. Selain itu, teknik memotong rambut juga harus kamu kuasai dengan baik.

·         Berikan harga yang kompetitif. Harga sangat menentukan apakah pelanggan mau memangkas rambutnya di tempatmu atau tidak. Khususnya di daerah pedesaan, harga murah mungkin akan menjadi prioritas utama.

·         Tempat yang nyaman. Meskipun tidak begitu luas, namun tempat yang kamu sediakan untuk memotong rambut ataupun tempat antre usahakan memberikan kenyamanan bagi pelanggan.

·         Ramah dengan pelanggan. Ini sangat penting dilakukan agar mereka suka dan kembali lagi di lain waktu.

·         Melakukan promosi. Promosi bisa dilakukan secara online dan offline, baik melalui media sosial, sebar brosur atau yang lainnya.

Penutup

Itulah tadi informasi seputar peluang usaha pangkas rambut pria dan analisa lengkapnya yang perlu kamu pahami. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Next Article: Cara Ternak Lele Pemula dan Analisanya

logoblog

Thanks for reading Peluang Usaha Pangkas Rambut Pria dan Analisanya

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.